Menanam Cabai dengan benih sendiri adalah hal yang sering dicoba oleh petani yang sudah menekuni dunia pertanian dan perkebunan. Membuat benih cabai rawit sendiri sebenarnya mudah - mudah sulit. Tergantung pada seberapa telaten anda mau mencoba. Saya hanya akan memberikan beberapa tips yang mungkin akan bermanfaat nantinya pada saat anda mencoba membuat benih cabai rawit sendiri.



Membuat benih cabai sendiri sebenarnya cukup membelah cabai kemudian tanam. Gitu saja sudah selesai dengan sangat mudah. Tetapi memilih benih cabai yang baik itu perlu langkah dan tips agar hasil yang diingankan sesuai.
Cara Membuat benih cabai sendiri menanam dari biji
Contoh cara membuat pengairan otomatis

Cara membuat benih cabai dari Biji

Pilihlah cabai yang sudah benar benar tua berwarna merah. Pastikan pilih cabai yang memiliki ukuran super dan seragam.
Setelah itu sayat dan keluarkan biji cabai yang anda pilih tadi. Gunakan pelindung tangan saat menyayat cabai supaya tangan tidak pedas.
Masukkan ke dalam air dan rendamlah. Setelah direndam pilihlan biji yang tenggelam saja.
Jemur sampai benar - benar kering. Penjemuran dilakukan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Benih sudah siap ditanam.

Cara Menanam benih cabai

Untuk ukuran besar buatlah komposisi tanah berkompos kemudian taburkan benih pada tanah tadi. Setelah penyebaran merata tutuplah dengan arang sekam. Jangan terlalu tebal penutupan dengan arang sekamnya.
Perawatan dan penyiraman gunakan air yang tidak terlalu besar agar benih tidak terbawa air.
Beberapa hal yang dipertimbangkan adalah gunakan arang sekam yang sudah berpupuk dengan fermentasi supaya hasil lebih baik. Anda bisa mencampur dengan pupuk organik cair.
Silahkan cari di sini cara membuat pupuk organik cair.
JIka anda sulit menemukan media tanam seperti arang sekam, anda bisa mengganti dengan tissu dan kapas.

Beberapa pertimbangan saat memilih dan membuat benih cabai 

  • Benih cabai yang digunakan adalah benih cabai yang seragam dan tumbuh dengan subur. Dari benih yang subur juga.
  • Singkirkan benih tanaman yang tidak sehat. Pilih yang sehat sehat saja. Termasuk yang disingkirkan adalah benih yang terkena jamur. 
  • Setelah benih sudah cukup umur maka bisa dipindahkan ke media tanam lain seperti pot dan sebagainya. 
Beberapa cataatan saat penanaman benih yang anda buat yaitu, benih atau biji biasanya tidak langsung tumbuh dalam 7 hari. Tetapi anda harus tetap menyirami dengan teratur. Atau jika anda tidak mau ribet. anda bisa berkreasi membuat saluran air sendiri dengan botol yang diberi tali berpori. Tali atau kain itu di salurkan ke media tanam cabai.
Air akan secara otomatis mengalir ke tempat bibit cabai disemai. Sehingga anda tidak perlu repot menyirami setiap hari. JIka air dalam botol sudah habis maka anda tinggal mengisi ulang. 

Sekian postingan saya tentang cara membuat benih cabai sendiri dari biji. JIka anda menganggap catatan ini bermanfaat. Tolong share ya dengan klik pada salah satu ikon di bawah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top