Syarat Lokasi Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami - Budidaya Petani. Berikut hal yang terkait dalam Syarat Lokasi Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami yang perlu diperhatiakan.

Syarat Lokasi Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami

Syarat Lokasi Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami

  1. Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, tidak berporos dan cukup mengandung humus. Jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga dapat dibuat pematang/dinding kolam.
  2. Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.
  3. Ikan gurame dapat tumbuh normal, jika lokasi pemeliharaan berada pada ketinggian 50-400 m dpl.
  4. Kualitas air untuk pemeliharaan ikan gurame harus bersih dan dasar kolam tidak berlumpur, tidak terlalu keruh dan tidak tercemar bahan-bahan kimia beracun, dan minyak/limbah pabrik.
  5. Kolam dengan kedalaman 70-100 cm dan sistem pengairannya yang mengalir sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik ikan gurame. Untuk pemeliharaan secara tradisional pada kolam khusus, debit air yang diperkenankan adalah 3 liter/detik, sedangkan untuk pemeliharaan secara polikultur, debit air yang ideal adalah antara 6-12 liter/detik. 
  6. Keasaman air (pH) yang baik adalah antara 6,5-8.
  7. Suhu air yang baik berkisar antara 24-28 derajat C.
Demikian Syarat Lokasi Yang Baik Untuk Budidaya Ikan Gurami, semoga bermanfaat.

 Artikel Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top