Jadi dirumah, saya memiliki 2 pot tanaman amarilys yang telah selesai berbunga. Hasil bertanya ke mbah google didapat informasi: jika ingin mempercepat pembungaan amarilys maka umbi harus di cold treatment selama 1-2 bulan.

Bunga amarilys mekar (foto diambil saat malam hari jadi kualitas gambarnya jelek)
Sebagai uji coba, satu umbi saya keluarkan dari pot dicuci bersih serta dipotong semua daunnya kemudian diangin-anginkan pada suhu ruangan selama 2 hari.
Setelah kering, umbi saya bungkus kertas koran kemudian di simpan dalam kulkas (bukan freezer) selama 2 bulan.

Umbi yang satunya lagi saya biarkan saja dipot, seluruh daunnya saya pangkas.

Setelah dua bulan berlalu, saya keluarkan umbi amarylis dari kulkas. Saya biarkan umbi pada suhu ruangan selama 2 hari. Kemudian saya tanam dan disiram dengan sedikit air.

Mulanya pertumbuhan kedua umbi tersebut sama lambatnya.
Tapi tepat dibulan kedua setelah penanaman mulai terlihat perbedaannya. Jika umbi yang tidak di cold treatmen menunjukkan pertumbuhan daun, umbi yang di cold treatment menunjukkan pertumbuhan batang calon bunga.


Benar saja, setelah 3 minggu umbi yang di cold treatment mulai berbunga. Tangkainya sangat tinggi dengan bunga yang besar... cantik sekali.

Tidak sulitkan membungakan amarilys.. mungkin memang perlu extra sabar, tapi begitu melihat kecantikan bunganya semua terbayar sudah. 

Amarilys berkuntum tiga mekar sempurna (foto diambil saat malam hari)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top