Pernahkah melihat bunga morning glory bermekaran dipagi hari?

Keindahan bunga ini sangat memanjakan mata siapa pun yang memandangnya.
Beruntung, bunga ini menjadi salah satu tanaman yang menghiasi taman kantor tempatku bekerja. Tak tanggung-tanggung, pihak kantor memfasilitasi bunga ini dengan tiang-tiang cantik agar mudah untuk merambat membentuk kanopi yang teduh, dibawahnya ditempatkan beberapa bangku untuk bersantai.

Pagi hari sebelum jam kantor, saya senang sekali mampir ke taman ini untuk menikmati indahnya bunga morning glory yang sedang bermekaran.
Morning Glory Menjalar Menutupi Kanopi

Bangku-bangku Mempercantik Taman


Saya juga pernah melihat bunga morning glory atau sejenisnya tumbuh liar di Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Tanaman ini menjalar diatas pasir ditepi pantai.
Warna bunganya merah muda, sayangnya pemandangan indah ini ternodai oleh sampah yang betebaran diatasnya. Sungguh disesalkan :(
 
Morning Glory/ Sejenisnya Tumbuh Liar
Melihat morning glory yang indah, saya ingin sekali memilikinya di perkarangan rumah sendiri.
Kebetulan bulan ini di Lapangan Banteng sedang berlangsung pameran FLONA. Saya pun berkunjung kesana bersama beberapa rekan kerja. Sebenarnya disana banyak dijual morning glory yang sudah siap tanam (kondisi tanaman sudah besar dan sudah berbunga) dengan harga terjangkau.

Tapi saya memutuskan untuk membeli bibit bunga saja. Ingin merasakan sensasi “SABAR” menanti tanaman tumbuh dari biji :).

Bibit Morning Glory yang saya beli
Saya membeli bibit morning glory merk Mr. Fotthergill’s/ Grandpa Otts seharga 28 ribu. Isinya 30 biji.




Setelah browsing di internet saya mendapatkan beberapa tips menanam morning glory dari biji, kemudian saya terapkan saat menanam. 

Berikut ini saya tuliskan beberapa tips yang digunakan dan dialami saat menanam morning glory dari biji:

  1. Rendam biji morning glory dengan air selama sehari semalam (tipsnya perhatikan permukaan kulit biji morning glory, apabila sudah terlihat retak-retak maka biji siap untuk di tanam). Jika ada pertanyaan mengapa harus dilakukan perendaman? ini karena kulit biji morning glory sangat keras, proses ini membantu memecahkan kulit biji dan mempercepat pertumbuhan kecambah. 
  2. Tanam biji menggunakan tanah humus (saya membeli tanah humus karungan yang banyak dijual oleh pedagang tanaman). Tipsnya biji ditanam dikedalaman 0.5 cm dari permukaan tanah. Kemudian basahi media menggunakan sprayer, lembab saja jangan sampai basah (pengalaman saya menanam dahlia dari biji harus gagal karena media terlalu basah, sehingga tidak ada satupun biji yang menjadi kecambah). 
  3. Simpan ditempat teduh/cenderung gelap untuk mempercepat proses perkecambahan. Jangan lupa setiap hari untuk memeriksa kelembaban media. 
  4.  Setelah 10 hari kecambah akan mulai bermunculan, saat ini kecambah masih ditutupi oleh biji lembaga. 
  5.  Setelah dua minggu, biji lembaga mulai lepas dan terlihat dua buah daun (bukan daun sejati). Dari 10 biji yang saya tanam hanya 7 yang berhasil tumbuh. Tipsnya saat daun sudah tumbuh, baru tanaman boleh di letakkan ditempat yang terkena cahaya, untuk mempercepat pertumbuhan daun sejati. Tapi jangan langsung terpapar matahari siang ya, takut tanamannya mati karena kepanasan. 
  6.  Setelah tiga minggu mulai tumbuh daun sejati. :D

    Setelah dua minggu, Morning Glory sudah berkecambah


    Kecambah Usia 3 Minggu
    Menanam dari biji memang membutuhkan kesabaran ekstra.

    Biasanya setiap sore hari sepulang kantor, saya mengecek perkembangan tanaman-tanaman di halaman. berusaha selalu mengikuti perkembangan dan pertumbuhan tanaman ini. Rasanya tidak sabar dan merasa waktu berjalan sangat lambat.

    Tiga minggu berlalu, dan tanaman baru berdaun tiga.
    Kadang saya bertanya dalam hati, kapan tiba waktunya menikmati morning glory yang berbunga lebat :D.

    Biasanya kalau sudah begitu, saya menjawabnya sendiri
    "Kalau mau cepet ya beli aja di FLONA, ngak usah repot-repot nanam dari biji (tepok jidat :))"

    Ya... disinilah seni menanam dari biji. Butuh ektra perhatian, butuh ektra kesabaran.





    “It is difficult to be patient,
    But to waste the rewards for patience is worse ~ Abu Bakar”
     


    Tulisan ini akan terus saya update, tergantung dengan perkembangan tanaman morning glory. Saya akan tambahkan foto-foto dan ulasan, semoga tanamannya tetap hidup, subur, dan mulai berbunga. ^_^


    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Top