Terung belanda atau terong belanda (Solanum betaceum) adalah jenis tanaman anggota keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor Jawa Barat sejak tahun 1941. (https://id.wikipedia.org/wiki/Terung_belanda) Tanaman terong ini mulai dikenalkan oleh orang Belanda itulah kenapa alasan Terong Ini dinamakan terong belanda. Manfaat Terong belanda sangat banyak, sehingga sekarang sudah mulai ramai dibudidayakan. 


Tanaman terong belanda berasal dari dataran amazon Benu amerika. Tanaman ini berbentuk seperti sawo, dan enak dimakan karena memiliki rasa asam. Sehingga cocok untuk dibuat jus atau campuran es buah. Selain enak dikonsumsi ternyata terong belanda juga memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat diantaranya adalah.
  1. Rasa Asam yang bisa Menyegarkan Badan
  2. Kaya Kandungan Vitamin C sehingga Meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh
  3. Kaya Anti Oksidan
  4. Mencegah penyakit jantung dan kankerBerwarna kemerahan menandakan kandungan likopen yang tinggi untuk pencegahan penyakit kanker dan jantung.
  5. Menjaga kesehatan mata
  6. Mengobati Sariawan
  7. Mengobati sakit maagWalaupun terong belanda memiliki rasa asam, tetapi kandungan vitamin C yang sangat tinggi justru akan membantu mengobati sakit maag.
  8. Kaya Zat Besi untuk mencegah anemia.
  9. Menurunkan Kadar Gula Darah
    Manfaat Terong Belanda

Cara Budidaya Terong Belanda 

Membudidayakan sebuah tanaman tidaklah sulit seperti yang anda bayangkan. Karena menanam terong belanda tidaklah menggunakan teknik khusus dalam penanaman atau perawatan. Inti dari budidaya sebuah tanaman adalah persiapan benih, persiapan lahan pertanian, perawatan.
Terong belanda biasa dibudidayakan dengan menggunakan metode stek dan penanaman dari biji. Jika penanaman dari biji maka hasilnya akan bisa dipanen dalam waktu 2 tahun. Tanaman ini bisa bertahan 5-6 tahun sesuai dengan perawatan. Tanaman ini bisa tumbuh pada daerah dengan ketinggian 450 - 1700 mdpl.

Cara Membuat Benih Terong Belanda

Pilihlah terong belanda yang sudah masak kemudian. keluarkan isinya untuk dijemur dan dikeringkan selama 2 hari. Setelah biji benar - benar kering rendamlah bibit dalam larutan garam. Setelah itu taburkan dalam lahan persemaian terong belanda.
Setelah bibit berumur 6 minggu maka bibit sudah mulai tumbuh membesar kemudian jika bibit sudah mencapai umur 10 minggu dan sudah memiliki buah induk dan ketinggian sudah mencapai 20-30 cm. pada usia ini berarti tanaman bibit sudah siap dipindahkan.
Baca :  Tips Sukses Budidaya Cabe Rawit

Persiapan Bedengan atau lahan tanaman Terong Belanda.

Persiapkan jarak tanam 1.5-2m untuk satu tanaman dengan tanaman yang lain. Karena tanaman ini memiliki umur yang cukup lama saran saya adalah gunakan pupuk organik. Karena penggunaan pupuk organik akan sangat membantu perkembangan tanaman terong belanda ini saat menghadapi musim kemarau. Terong ini memiliki masa produktif sekitar 3-4 tahun.
Buatlah lubang tanaman dengan kedalaman 15-20cm untuk seriap pohon. Setelah itu diberi pupuk organik dalam lubang dan sekitar lubang.
Budidaya terong belanda dan manfaatnya
Tips Perawatan Sukses
Larutkan kotoran hewan seperti kotoran kambing dengan air. Gunakan airnya untuk penyiraman tanaman. Intinya gunakan air yang sudah bercampur dengan air kotoran kambing. Ambil airnya saja, kemudian besok untuk penyiraman juga masih bisa dipakai berkali-kali menggunakan kotoran kambing yang sma. Rasakan perkembangan pertumbuhan dari tanaman terong belanda ini.
Pemanenan Terong Belanda.
Pemanenan adalah saat paling vital sebelum memulai untuk dipasarkan. Pemanenan yang terlalu tua akan rawan dengan busuk, dan rasa yang kurang enak. Jika terlalu muda maka hasilnya juga tidak maksimal karena harganya akan turun drastis.
Ciri buah yang sudah bisa dipanen adalah buah yang sudah berwarna merah kecoklatan atau hijau tua. Pemanenan sebaiknya disesuaikan dengan pemesanan apakah yang berwarna hijau tua atau merah kecoklatan. Karena biasanya disesuaikan dengan jarak tempuh atau penyimpanan terong belanda sebelum sampai di tangan konsumen.
Waktu pemanenan yang baik adalah pagi atau sore hari, hal ini dikarenakan pemanenan yang dilakukan pada siang hari bisa berdampak pada kualitas buah yang menjadi keriput. 


Cara Membuat Jus Terong Belanda.

Bahan yang diperlukan
  • 75 gram terong belanda
  • 100 gram buah nanas
  • 1 sdm madu
  • ½ gelas air putih matang
  • Es batu 
Cara Buat
Masukkan semua bahan yang sudah dibersihkan yaitu terong belanda dan nanas. Kemudian Madu dan air putih. Blender. Ketika bahan sudah tercampur silahkan tambahkan es batu untuk menambah kesegaran dari Jus Terong Belanda ini.
Jika jus ini diberikan untuk wanita hamil, sebaiknya nanas diganti dengan mangga atau terong belanda saja tidak memakai nanas.

Demikian Postingan tentang terong belanda ini semoga bermanfaat. Jangan lupa Klik Ikon media sosiaL di bAwah postingaN Ini


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top