Sawi Putih adalah tanaman yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Sehingga budidaya untuk sawi putih mulai disenangi. Hal ini karena dengan menanam sendiri, yang akan anda dapatkan adalah kepuasan karena memperoleh makanan dari kebun sendiri.Banyak orang yang sudah mencoba budidaya sawi putih dalam polibag, pot bahkan hidroponik.


Manfaat Sawi putih Untuk Kesehatan


Makanan yang dikenal dalam bahasa tionghoa sebagai petsai, memiliki daun kuning pucat dan warna tangkai putih. Kandungan sawi putih yaitu sumber vitamin dan mineral seperti potassium, zat besi, asam folat, magnesium. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat sawi putih untuk kesehatan.
  1. Menyehatkan Jantung
  2.  Mencegah Kanker
  3. Mencegah Osteoporosis
  4. Menyehatkan Mata
  5. Mencegah kecacatan pada bayi
  6. Mencegah Gondok
  7. Mencegah Diabetes Melitus
  8. Penyembuh Luka
  9. Menghaluskan kulit dan mencegah anemia
Sawi Putih
Kreasi Sawi Putih dan Seledri dalam pot penghias ruangan
Ternyata begitu banyak kandungan dari sawi putih. Perlu saya sampaikan terlebih dahulu agar anda termotivasi untuk menanam tanaman kaya manfaat ini. Cara tanam yang sangat sederhana. Anda hanya perlu keuletan dan mau mencoba itu yang paling penting.

Karakteristik sawi putih

Sawi putih hidup pada suhu 19-20 derajat celcius,Tetapi sawi bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Shingga dapat hidup di dataran tinggi atau rendah.
Perhatikan pengairan, karena sawi putih hanya memerlukan air sedikit tidak sampai menggenang. Kecuali jika anda berniat menanam dengan sistem hidroponik maka pastikan akar selalu nempel dengan media tanamnya yaitu air.
Perawatan tanaman sawi yang baik adalah memperhatikan pemupukan dan pastikan tanah selalu gembur kaya dengan unsur hara. Saat udara terik pastikan disiram 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore.

Cara Menanam Sawi Putih dalam pot atau polibag

  • Semailah bibit sawi dalam baki atau tempat persemaian, sirami dan jaga kondisi agar tetap lembab. Jangan tergenang.
  • Siapkan pot atau polibag dengan diameter 15 cm.
  • Isi pot dengan tanah, pupuk organik dan arang sekam atau sabut kelapa. Padukan komposisi tanah, pupuk kompos dan arang sekam adalah 2:1:1.
  • Cabut bibit sawi dari persemaian, Jangan sampai akar terputus dari batang sawi.
  • Buat lubang dengan jari kemudian tanam bibit sawi. Dalam satu polibag dapat ditanam 3-5 bibit sawit
  • Setiap minggu berikan kompos sebagai pupuk organik

Pemanenan sawi

Umur panen sawi adalah sekitar 2 bulan atau 65 hari. Banyak cara untuk memanen sawi yaitu bisa langsung dicabut seluruhnya. Bisa juga anda memotong batang sawi tepat di permukaan tanah dengan harapan tunas sawi akan kembali tumbuh. Cara ketiga adalah dengan memotong helai perhelai daun sawi. Dengan tujuan agar sawi lebih tahan lama.
Panen Sawi Putih
Setelah dipotong sawi akan cepat tumbuh lagi. Siap panen lagi

Tips Penanaman sawi putih

Usahakan  beri jarak waktu tanam sekitar 1 minggu untuk 5-10 pot sawi putih. Hal ini dimaksudkan supaya anda bisa memanen sawi putih ini satu minggu sekali setelah panen pertama.

Demikian artikel tentang sawi putih semoga bermanfaat untuk anda. Sempatkan sebentar bagi anda untuk share atau klik tombol media sosial di bawah ini. Supaya anda juga berbagi kebaikan untuk teman yang lain.


1 komentar:

 
Top