Sebagai makhluk hidup, kita tidak akan terpisah dengan sampah organik. Sampah organik bisa diproses menjadi pupuk organik, bisa juga untuk makanan ternak. Bisa dibuat kerajinan. Dan masih banyak lagi. Karena belum banyak orang yang mengolah sampah organik, tentunya ini adalah peluang untuk anda memanfaatkan sampah organik.

Biogas Rumah Tangga
Jenis jenis sampah organik.
Sampah organik terdiri dari dua macam jenis  yaitu
  1. Sampah organik kering. Misalnya potongan kayu, serbuk gergaji, kertas karton dan lain sebagainya.
  2. Sampah organik basah. Sayur - sayuran, sampah dapur buah-buahan dan sebagainya.
Prinsip pengolahan sampah organik adalah daur ulang. Seperti dalam prinsip daur ulang itu sendiri maka sampah organik bisa mengalami proses yang bertujuan untuk membersihkan lingkungna dari sampah organik.
  1. Pemanfaatan sampah organik bertujuan mengurangi penimbunan sampah organik yang akan mencemari udara baik dengan gas metan ataupun dengan bau yang menyengat.
  2. Pemanfaatan sampah organik bertujuan untuk memanfaatkan kembali barang untuk berkreasi atau sesuatu hal yang lebih bermanfaat.
  3. JIka barang sudah tidak bisa dimanfaatkan sebagai barang kreasi maka bisa dilakukan pemusnahan dengan dibakar untuk sampah kering dan dibuat kompos untuk sampah basah.
Cara memanfaatkan sampah organik 
Contoh kerajinan dari sampah organik
Kreasi kerajinan dari sampah organik
  1.  Memanfaatkan sampah organik menjadi makan ternak.
    Contoh sampah organik menjadi makanan ternak bisa didapati dari sampah yang berada di pasar tradisional. Begitu banyak sayur yang dibuang untuk dibersihkan dan dijual, akan menjadi potensi untuk pakan ternak yang bermutu.
    Sampah organik seperti ini bisa dipakai untuk memenuhi pakan bebek, ikan dan hewan pemakan rumput seperti kelinci, kambing dan sapi. Cara membuat sampah organik menjadi pakan bebek dan ikan dan hewan adalah dengan cara difermentasi supaya lebih sehat untuk dikonsumsi dan kelebihan yang paling utama adalah dengan memakan sampah organik yang sudah difermentasi maka kotoran atau tinja dari hewan tersebut tidak bau. Bahkan menyehatkan hewan tersebut.
  2. Memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk organik.
    Memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk organik sudah mulai banyak diminati sejak dahulu. Bahkan di sini kami menemukan orang yang rela membersihkan pekarangan tetangga demi mendapatkan samaph organik untuk dibuat pupuk organik.
  3. Memanfaatkan sampah organik menjadi biogas.
    Beberapa sampah organik dapat digunakan menjadi biogas antara lain sampah pembuatan tahu dan tempe, sampah dari kotoran sapi dan kuda. Bahkan di daerah Bandung sudah ada yang mengembangkan rumah yang bisa bertahan hanya dari sampah dapur, baik untuk biogas maupun listrik.
    Pembuatan biogas sebenarnya sangat simpel yaitu anda hanya membutuhkan ruang tertutup rapat untuk menampung gas. Sampah organik yang sudah disebutkan tadi yaitu limbah tahu, tempe dan kotoran hewan. Kemudian dicampur air boleh diaduk kalau kuat dengan baunya untuk mempercepat proses. Kemudian ditambahi dengan decomposer. Untuk pembuatan decomposer akan dijelaskan dalam pertemuan selanjutnya. Walaupun tidak memakai dekomposer biogas akan tetap bisa dihasilkan hanya saja membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu 2 minggu.
    Setelah biogas dari sampah organik habis, maka anda bisa membuatnya sampah organik itu menjadi kompos. Karena biasanya sudah langsung siap pakai.
Pemanfaatan sampah organik dengan 3 cara yang sudah saya ungkapkan sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi udara dan menyelamatkan bumi dari global warming. Sampah organik adalah kekayaan yang tidak terlihat, karena belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Tapi jika anda melihat ini sebagai peluang, maka bisa jadi anda adalah seorang petani yang akan sukses mendatang.
Demikian catatan saya tentang  Cara memanfaatkan sampah organik. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top