Macam varietas Bibit Unggul  di Indonesia sangat beragam dan sangat banyak dan saya akan membahas berbagai macam varietas padi unggul yang ada di Indonesia sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk dipakai dalam memilih bibit.


Macam -macam bibit yang akan kita bahas di sini adalah bibit padi hibrida (sekali tanam), Bibit Padi Unggul, bibit Padi lokal
Macam Macam bibit Padi Unggulan

Bibit Padi hibrida

Bibit Padi Hibrida adalah bibit padi yang dirancang untuk sekali tanam, artinya jika ditanam ke dua maka hasilnya akan langsung turun. Padi Hibrida ini didesain untuk membuat petani memiliki rasa ketergantungan karena akan selalu membeli bibit padi ini. Oleh karena itu saya tidak merekomendasikan anda memilih jenis bibit seperti ini. Tetapi untuk pengetahuan saja anda boleh mengetahui jenis padi hibrida apa saja.
Intani 1 dan Intani 2, PP1, H1, Bernas Prima, Rokan, SL 8 dan SL 11 SHS, Segera Anak, SEMBADA B3, SEMBADA B5, SEMBADA  B8 DAN SEMBADA B9, Hipa4, Hipa 5 Ceva, Hipa 6 Jete, Hipa 7, Hipa 8, Hipa 9, Hipa 10, Hipa 11, Long Ping, Adirasa-1, Adirasa-64, Hibrindo R-1, Hibrindo R-2, Manis-4 dan 5, MIKI-1,2,3, SL 8 SHS, SL 11 HSS.
Bibit yang saya sebutkan di atas adalah salah satu bibit yang sangat unggul dan sangat cocok jika anda adalah petani besar dan hanya membutuhkan hasil yang melimpah tanpa harus pusing membeli bibit unggul. Karena untuk per kilonya harga bibit hibrida cukup mahal.

Bibit Padi Unggul 

Bibit Padi unggul sangat banyak di Indonesia, karena penelitian untuk mencari bibit padi yang unggul selalu dilakukan dan senantiasa berkembang. Dengan bibit padi unggul maka kesuksesan memperoleh hasil padi bisa sama dengan bibit yang pertama kali dipakai selama kemurnian bibit itu dijaga. Ciri ciri bibit unggul adalah bibitnya sudah diakui dengan SK menteri Pertanian dan diresmikan oleh negara. Karena Negara Indonesia juga sangat mendorong majunya pertanian di Indonesia.
Berikut ini adalah contoh varietas padi bibit unggul yang sudah terkenal di Indonesia
Ciherang, IR-64, Mekongga, Cimelati, Cibogo, Cisadane, Situ Patenggang, Cigeulis, Ciliwung, Membramo, Sintanur, Jati luhur, Fatmawati, Situbagendit. Inpara, Cilosari, Diah Suci, Bestari, Inpago dan lain sebagainya.

Bibit Padi Lokal

Bibit padi lokal adalah bibit yang biasa dalam suatu daerah. Sehingga terkenal pada suatu daerah tertentu. Bibit padi lokal biasanya memiliki keunggulan dan kelemahan sama seperti bibit padi unggul, tetapi sudah menjadi budaya daerah untuk tetap menanamnya karena suatu alasan tertentu. Berikut ini adalah contoh bibit padi lokal.
bibit padi keb, bibit padi dharma ayu, bibit padi pemuda idaman,  (Indramayu), bibit padi  Gropak, bibit padi Ketan tawon, bibit padi Gundelan ( Malang), bibit padi Merong ( pasuruan ), Simenep , Srimulih, Andel Jaran, Ketan Lusi, Ekor Kuda, hingga Gropak ( Kulon Progo-Jogja), Angkong, Bengawan, Engseng, bibit padi Melati, Markoti, Longong, Rejung Kuning, Umbul-umbul, Tunjung, Rijal, Sri Kuning, Untup, Tumpang Karyo, Rangka Madu, Sawah Kelai, Tembaga, Tjina, dan untuk daerah Banyumas ada Bibit padi gandamana, Bibit padi hitam, bibit padi sari wangi, bibit padi mentik wangi, bibit padi  sri wulan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top