Cara menanak nasi yang baik yang tahan lama dan tidak mudah basi. Tentu saja ada persyaratan yang harus di ikuti ya. Syarat pertama adalah beras yang dipakai adalah beras organik. Syarat kedua adalah dimasak dengan cara tradisional, entah itu di tim atau dikukus. Jika anda memakai rice cooker maka hasil yang didapat walaupun tidak cepat basi tetapi tidak tahan 3 hari.

Nasi organik yang sangat pulen
Nasi Organik yang sangat pulen

Cara Mengukus

Pertama siapkan alat untuk mengukus terlebih dahulu. Jika peralatan yang tradisional dikenal dengan dandang dan kukusan. Tetapi jika peralatan sudah modern anda hanya memerlukan panci untuk mengukus.
  1. Pertama isilah panci atau dandang dengan air jika mengisi dandang maka setinggi kukusan. 
  2. Setelah air mendidih, masukkan beras ke kukusan atau ke panci. terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam panci pastikan beras sudah dicuci dengan 2 kali bilasan.
  3. Setelah beras mengembang dan terasa agak kekal angkat kemudian dimasukkan ke dalam wajan untuk diberi air panas secukupnya saja  kemudian dikaru/diaduk sampai air meresap ke beras.
    Kemudian dikukus lagi sampai matang. 
  4. Setelah masak angkatlah nasi dan kipasi dan dibolak balik sampai agak dingin. Dengan metode memasak yang agak ribet ini anda akan merasakan kualitas nasi yang benar- benar sempurna. Dengan catatan beras yang anda gunakan adalah beras organik. JIka beras non organik maka terasa ada keras kerasnya.

Mengetim

Memasak nasi dengan tim adalah metode memasak nasi yang paling simpel dan yang palingpenting adalah kandungan gizi tidak hilang.
  1. Cara mengetim adalah tambahkan tambahkan 400cc atau 2 gelas air per 100g beras, bisa ditambahkan daging, hati, sayuran dan garam. Sesuai selera saja.
  2. Setelah itu masukkan panci yang lebih besar dan terisi air usahakan panci tim terendam 2cm dibawah tutup panci, kemudian masak sampai beras masak. Jika produk yang anda buat gagal maka hasil yang terjadi adalah beras mengeras atau menjadi bubur.

Merebus

Merebus beras bisa anda lakukan dengan mudah tetapi anda juga harus memperhatikan ukuran berikut. 1:2 untuk beras lunak, 1:1.5 untuk beras pulen dan 1:1 untuk beras yang agak keras. Pilihlah sesuai selera.
Kemudian tambahkan sedikit garam jika anda suka atau daun pandan sambil terus diaduk berasnya.
Setelah nasi masak, biarkan selama 5 menit untuk matang yang lebih merata kemudian pindahkan. Hal ini bertujuan supaya nasi tidak melekat pada perangkat untuk merebus nasi.
Jangan lupa berdoa sebelum makan dan makanlah bersama-sama supaya terasa lebih enak. Salam petani Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top