Seperti kandungan beras hitam, ternyata beras merah juga memiliki banyak keistimewaan, salah satunya untuk diet. Beras yang memiliki rasa yang cukup pera ini ternyata sangat baik untuk diet, karena kandungan serat dalam beras ini membuat seseorang tetap merasa kenyang. Berbeda dengan beras biasa pada umumnya. Beras merah juga sangat baik untuk penderita diabetes dan jantung karena kandungan serat yang tinggi rendah kalori.

Diet beras Merah

Manfaat Beras Merah

  1. Menurunkan berat badan
    Kandungan kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi menjaga anda tetap merasa kenyang saat makan. Hal ini sangat bermanfaat jika anda mengikuti program diet. Diet menggunakan beras merah sangat cocok dipadukan dengan diet menggunakan Air Putih.
    Baca : Fakta dan Mitos Air Putih
  2. Sehat Untuk Pencernaan
    Kandungan serat sangat baik untuk pencernaan. Karena dengan adanya serta dalam pencernaan maka proses pengasaman pada lambung bisa sedikit berkurang karena terserap oleh serat. Di samping itu serta sangat baik karena mampu menyerap dan bersifat menetralkan racun dalam pencernaan.
  3. Mengontrol Gula Darah
    Menghindari diabetes melitus adalah menghindari konsumsi gula berlebih. Karena kandungan glukosa berlebih akan memaksa pankreas untuk memproduksi insunlin lebih banyak. Kandungan glukosa pada beras pada umumnya sulit untuk dicerna oleh insulin. Sedangkan pada beras merah dan beras organik, insulin dengan mudah memecah glukosa menjadi sumber energi tubuh sehingga ramah untuk penderita diabetes.
  4. Menurunkan LDL (Kolestrol Jahat) dan meningkatkan HDL (Kolestrol Baik)
    Kolestrol dapat menyumbat saluran dalam darah sehingga bisa berakibat pada kollaps pada jantung. Hal yang sangat menakutkan untuk siapapun karena kollapnya jantung berarti bisa terjadi sesuatu yang tidak diingankan. Mulai dari pecahnya pembuluh darah sehingga terjadi stroke atau paling fatal bisa mengakibatkan kematian.
  5. Mencegah terjadinya batu pada empedu
    Makanan berserat tinggi seperti beras merah sangat ramah untuk empedu. Seperti yang sudah saya terangkan di atas. Makanan berserat berfungsi seperti detox yang menyerap racun. Sehingga kinerja empedu pun tidak terlalu berat.
  6. Antioksidan
    Kaya kandungan vitamin dan anti oksidan pada beras merah pantas menjadikan beras merah termasuk sumber anti oksidan terbesar selain beras hitam.
  7. Menjaga Kesehatan Tulang
    Beras merah kaya akan kalsium dan magnesium juga vitamin D yang sangat baik untuk pembentukan dan perawatan tulang. Tulang yang kekurangan kalsium akan mudah mengalami pengeroposan tulang yang berakibat pada osteoporosis. Sehingga dengan sesekali mengonsumsi beras merah, tentu anda akan semakin bugar dan meranik.
beras Merah organik

Kandungan beras merah.

Banyak manfaat beras merah sudah dibahas di atas, tetapi tentu saja anda penasaran kenapa beras merah ternyata memiliki manfaat yang istimewa. Apakah kandungan beras merah?

  1. Karbohidrat – 85 % ( 8% berasal dari protein dan 7% lemak )
  2. Serat – 7% ( dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
  3. Vitamin B – ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin).
  4. Magnesium, fosfor dan kalsium – untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
  5. Kalium – untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung
Padi beras merah memiliki tiga bagian struktur penyusun beras merah yaitu, kulit beras merah atau disebut dengan sekam, bagian ini keras dan berfungsi melindungi beras. Lapisan kedua terdiri atas kulit ari atau serat beras merah. Serat tipis ini memiliki banyak fungsi untuk kesehatan dan kecantikan, tetapi biasanya akan dihilangkan saat proses penggilingan atau selip padi. Bagian ketiga yaitu beras merah itu sendir.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top