Di tengah kebutuhan pokok yang melambung, percayalah berkebun adalah hal yang paling menyenangkan. Ada banyak metode berkebun. Baik secara hidroponik atau dengan cara biasa dengan memanfaatkan lahan sempit menggunakan pot atau botol bekas. Dengan petak 1x1 m anda bisa panen kangkung setiap hari dengan hati yang gembira saat melihat kangkung sudah menghijau. Apalagi jika anda menanam kangkung dengan pupuk organik dan semua serba organik di samping rasa yang enak pastinya ada rasa manis - manis yang berbeda dengan kangkung non organik. Banyak cara untuk menanam kangkung di lahan sempit. tapi sebelum itu mari kita kenali dulu jenis jenis kangkung.

Macam - macam kangkung

Kangkung yang dikenal oleh petani memiliki dua varian yaitu kangkung darat dan kangkung air.
Ciri Ciri kangkung darat
  1. Dapat Tumbuh di tempat kering
  2. Daun lebih tipis dan lebih lunak
  3. Warna bunga umumnya putih
  4. Batang lebih kecil demngan warna putih kehijauan
Kangkung Air mempunyai ciri - ciri seperti berikut ini.
  1. Tumbuh ditempat basah seperti parit, genangan sawah, maupun kolam
  2. Batang lebih besar dan berwarna hijau pekat
  3. Daun lebih lebar dan lebih keras
  4. Warna bunga putih kemerahan
Penanaman kangkung tidak mengenal musim karena di musim apapun bisa tumbuh asal mau menyirami. Atau menyiapkan air jika menanam kangkung air.

Cara menanam Kangkung Dalam Lahan Sempit.

Pertama sebelum menanam kangkung persiapkan benih yang berkualitas. Misalnya kangkung sutera dari jenis kangkung darat. Kangkung ini bisa tumbuh tegak atau menjalat dengan baik.
Setelah kita memiliki benih kangkung. Siapkan lahan untuk ditanami kangkung. Dan pastikan dalam lahan itu sudah diberi pupuk organik. Pupuk organik itu mudah dan bermacam-macam dan yang pasti hemat biaya. Kenapa saya sebutkan benih terlebih dahulu. Karena jika kamu sudah punya benih kamu tinggal memilih lahan yang cocok untuk kangkung mu. Mau ditanam di tanah berair atau di darat atau dalam polibag atau pot semuanya bisa.
Manfaatkan Lahan Sempit Dengan Kangkung Organik
panen kangkung organik

Setelah lahan siap, aturlah jarak tanam sekitar 15-20 cm dan setiap lubang bering 3-5 bibit atau jika anda memakai polibag yang 30 cm an siapkan untuk satu polibag 10-15 butir dengan jarak yang diatur.
JIka dalam perkembangan ada tanaman kangkung yang tidak berkembang maka lakukan penyulaman dengan membuang bibit yang tidak berkembang tadi.

Perawatan

cara merawat kangkung dalam polibag atau dalam lahan sempit sangat mudah, yaitu cukup bersihkan gulma atau tanaman yang tidak kita inginkan dan siram pagi dan sore.
Sesekali disiram dengan nutrisi atau pupuk organik cair juga baik.

Panen

Tanaman kangkung bisa dipanen 30-40 hari sejak penanaman. Dan cara panen kangkung cukup dipotong ujungnya sampai ujung tanah sekitar 2-4 cm di atas tanah kemudian siram lagi dan beri pupuk lagi supaya kangkung bisa tumbuh lagi dan subur lagi.
JIka dirasa sudah tidak maksimal untuk pertumbuhan kangkung maka saatnya bagi anda untuk mengganti dengan benih yang baru.
Untuk benih anda bisa membeli di toko pertanian. banyak kok.
Kangkung organik sangat cocok dengan nasi organik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top