Hama keong mas atau golden apple snail adalah hama yang selalu menyerang saat musim tanam padi. Banyak cara untuk mencegah dan mengatasi hama keong. Banyaknya hama seperti keong dan wereng tidak akan membuat petani untuk putus asa dan selalu mencari ide kreatif untuk menangani hama keong. Keong mas walaupun bisa bersifat menjadi hama ternyata bisa juga bermanfaat untuk pertanian. Dari pada penasaran kita langsung saja baca dulu artikel ini.

Keong mas walaupun memiliki banyak hal yang merugikan petani tetapi ternyata juga memiliki manfaat yang banyak untuk petani diantaranya adalah keongmas adalah pemakan rumput. Keong mas akan menjadi hama bagi padi jika usia padi masih muda sehingga padi juga akan dimakan oleh keong mas. tetapi saat tumbuhan padi sudah mulai dewasa. Keong mas juga membantu membunuh rumput yang mengganggu tanaman padi.
Cara Mengatasi Hama Keong
Hama keong mas yang bermanfaat untuk pakan ternak.

Keong mas juga bisa digunakan sebagai makanan ternak gratis untuk bebek. Dengan banyaknya keong di sawah maka seorang peternak bebek bisa menghemat uang untuk pembelian pakan ternak seperti bekatul dan lain lain.
Untuk menyuburkan tanah. Keong mas adalah hewan yang memiliki nutrisi tinggi, kandungan nutrisi tinggi tentunya sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai kesuburan tanaman. Baik itu dengan dibuat pupuk padat ataupun pupuk organik cair. Akan kita bahasa pada pertemuan berikutnya.
Cara Mengatasi Hama Keong
Telur keong mas menempel pada tanaman padi

 Cara Mengatasi Hama Keong Mas

  1. Pemberian kapur pada area pesawahan. Pemberian kapur perlu dilakukan jika hama keong mas sudah sangat merajalela dan pastinya petani kewalahan mengatur air karena lokasi sawah di daerah rama misalnya. Maka pemberian kapur bisa mengurangi populasi keong mas.
  2. Membasmi telur keong mas. dengan membasmi telur keong mas berarti petani sudah memutus rantai dari keong mas. Tentu hal ini cukup efektif untuk mencegar penyebaran hama keong mas.
  3. Diambil untuk makanan ternak. Ini adalah cara paling efisien karena ramah lingkungan dan tentunya bermanfaat untuk petani. Bahkan di daerah sudah ada yang mulai budidaya keong mas untuk pakan ternak.

 Cara menghindari hama keong mas

  1. Cara paling efektif menghindari hama keong mas adalah dengan membuat sawah tidak basah atau selalu tergenang air. Membasahi sawah dengan air yang nyemek-nyemek (basah tetapi tidak terendam air) sangat efektif mencegah serangan hama keong mas. Walaupun keong mas banyak di sawah tetapi keong mas tidak akan naik untuk makan rumpun padi yang berada di tempat yang kering. 
  2. Menanam padi usia dewasa. Cara ini tidak direkomendasikan untuk petani yang memakai sistem of rice intensification (SRI) karena menanam padi usia dewasa menyebabkan pertumbuhan anakan tidak baik. Tetapi jika memakai sistem tanam padi Hazton hal ini perlu dicoba karena pada sistem tanam padi Haston semua tanaman padi adalah indukan dan tidak membutuhkan anakan.
  3. Memberi penghalang saluran air. Dengan memberi penghalang pada saluran air dapat mencegah keong mas dari sawah tetangga masuk ke sawah kita.
  4. Memberi makan daun pepaya dan daun singkong. Dengan memberi makan daun pepaya dan daun singkong maka keong mas akan berkumpul pada satu tempat. Pada saat itulah kita bisa mengambil dan memunguti keong mas yang sudah terkumpul. Cara seperti ini sangat manjur mengumpulkan keongmas dan menghilangkannya dari sawah kita. Karena secara otomatis pencari keong juga akan dengan mudah mengambil keong mas tanpa harus kita perintahkan. Jadi seperti sambil menyelam minum air. Sambil menanam padi kita bisa bersedekah kepada orang dengan cara membuat keong mas berkumpul pada suatu tempat supaya diambil oleh orang yang membutuhkan.
Terima kasih sudah membaca artikel tentang cara mengatasi hama keong mas. Semoga membantu petani di Indonesia.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Top