Lapis legit yang terdiri dari 14 lapisan

Hari raya Idul Fitri atau Lebaran tidak hanya identik dengan ketupat, opor ayam, kue kering, dan minuman.

Berlebaran tidak akan lengkap tanpa sajian kue lapis beraneka jenis dan rasa. Kue lapis yang saya bicarakan bukan jajanan tradisional yang banyak dijual di pasar, melainkan kue basah yang dibuat dari banyak sekali kuning telur, mentega berkualitas, gula pasir, dan sedikit sekali tepung.

Beberapa jenis kue lapis gulung

Karena kue ini dibuat dari bahan-bahan mahal dan waktu pengerjaan yang lama karena dibuat selapis demi selapis, harga jual kue ini sangat tinggi untuk satu cetak ukuran loyang 20 x 20. Saat ini sudah ada jenis kue lapis gulung dengan harga yang lebih murah karena ukurannya 1/4 lebih kecil dibandingkan lapis cetak.

Kue lapis gulung

Pernah suatu kali saya membawa kue ini ke kantor sebagai oleh-oleh, tapi ketika teman bertanya berapa harga secetak kue ini, tidak satupun dari mereka yang percaya dengan jawaban yang saya berikan hehe. Mereka pikir saya bercanda, padahal itu jawaban sebenarnya.

Kue lapis legit dan kue lapis belacan

Kenyataannya masih banyak ragam kue lapis yang harganya bisa membuat mata melotot dengan kisaran harga antara 250 sd. 500 ribu rupiah/cetak kue. Kue lapis yang dijual dibawah harga tersebut juga banyak tapi rasa dan kualitasnya berbeda, harga ngak akan bohong ^_^.

Beberapa kue lapis yang disajikan di rumah kerabat.
Dari kiri ke kanan: Kue lapis plum, kue lapis keju, kue lapis belacan

Karena rasa kuenya yang nikmat, banyak rumah yang menjadikan kue ini suguhan disaat lebaran.

Biasanya satu rumah menyajikan lebih dari satu jenis kue lapis, sehingga semakin banyak bersilaturahmi ke rumah kerabat atau tetangga, semakin banyak pula macam kue lapis yang saya cicipi.
Oleh karena itu saya selalu menantikan saat-saat ini, mencicipi beraneka jenis kue lapis dengan ciri dan rasa yang berbeda sungguh nikmatnya 😆.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top