Apakah kamu penyuka film horror? 



Jika iya, film ini bisa masuk ke dalam referensi. Menurut si pembuat film karya ini diangkat dari kisah nyata.
Meskipun keseramannya tidak bisa dibandingkan dengan film seperti The Blair Witch Project, Insidious, The Conjuring, The Woman In Black, The Grudge (film jepang yang paling nyeremin bikin takut tidur sendirian hihi), atau Mama (film yang diakhir ceritanya sentimentil banget hiks). Tapi setidaknya bisa disejajarkan dengan Paranormal Activity, Deliver Us From Evil, Don’t Be Afraid of The Dark, dan Dark Water.

Film yang berlatar tahun 1970-an ini, menceritakan tentang seorang professor bernama Josep Coupland yang melakukan eksperimen terhadap seorang gadis muda bernama Jane Harper (berlatar belakang anak terlantar dan pernah menghuni RSJ) untuk membuktikan secara ilmiah bahwa hal-hal supernatural sebenarnya tidak ada.  Dalam penelitiannya Josep dibantu dua orang asisten (mahasiswanya di Oxford) Kristina Dalton (Krissi) dan Harry Abrams, dia juga merekrut Brian McNeil yang bertugas mendokumentasikan seluruh penelitian. Penelitian ini sebelumnya pernah dilakukan Josep terhadap seorang anak laki-laki kecil, namun sebelum selesai mengobati, si anak dan ibunya pindah rumah. 

Untuk meneliti Jane, Josep menempatkannya dalam sebuah ruangan terkunci. Sepanjang hari Jane ditreatment  dengan memutarkan musik rock volume tinggi untuk mencegahnya tertidur, agar energi negatifnys muncul. Namun karena kencangnya suara musik untuk treatment Jane, mereka terpaksa berurusan dengan tetangga, polisi, hingga akhirnya dana penelitiannya dicabut.

Meskipun demikian, mereka tetap berkomitmen melanjutkan penelitian. Dan memindahkan lokasi penelitian dari kampus Oxford ke sebuah rumah tua di pedesaan. Kejadian aneh pun mulai muncul.

Disini untuk pertama kali Jane menyebutkan nama seseorang yang dilihatnya di alam bawah sadar, namanya Evey. Josep memintanya memindahkan Evey ke dalam boneka sebagai perantara dan berhasil.  Jane menggambarkan Evey sebagai seorang gadis kecil, namun disaat dia menerawang yang terlihat adalah api dan evey yang terbakar, tiba-tiba tangan Jane pun terbakar secara misterius. 

Hal aneh lain yang terjadi adalah ketika lambang satanik muncul di bagian perut Jane.
Brian yang jatuh hati kepada Jane menjadi iba dan tidak kuasa melihat deritanya, mereka pun menjadi dekat. Josep tentu tidak merasa senang karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap penelitian, Apalagi saat-saat ini adalah tahap akhir dalam penelitiannya.

Nah, disini letak keseruan film ini:

Brian yang penasaran mencari referensi tentang The Quiet Ones ke perpustakaan, dan menemukan bahwa symbol seperti di tubuh Jane pernah di lukiskan ke tubuh seorang gadis kecil yang dikorbankan kepada setan, dan semua sekte itu mati terbakar disebuah rumah.

Saya pikir setelah Brian kembali kerumah, akan muncul penampakan hantu Evey atau semacamnya, yang bikin serem gitu..

Ternyata ngak, karena kenyataannya Evey sebenarnya adalah Jane sendiri… (Ngak nyangka deh)
Dan diakhir cerita semuanya mati lho…  Josep, Krissi, dan Harry dibunuh oleh Jane. Nasib Jane ngak kalah tragis, dia bunuh diri di kamar isolasinya dengan membakar diri. Cuma Brian yang dibiarkan hidup (mungkin karena sudah jatuh hati). Brian sangat meratapi kematian Jane.

Di ujung film ditampilkan Brian dengan kondisi lemah, syok, sedang duduk memeluk kamera dan di interogasi. 

Seseorang bertanya apakah dia yang membunuh mereka semua? 

Sambil terisak Brian mengangkat kameranya sambil berkata “semuanya ada rekamannya”. 

Namun orag tersebut berkata lagi bahwa semua kaset rekaman sudah dalam keadaan hancur. 

Dan film nya pun selesai 

Sebagai bukti bahwa film ini benar diangkat dari kisah nyata, diakhir film ditampilkan beberapa foto diantaranya foto Brian tengah memegang kamera, foto tim penelitian lengkap (Josep, Brian, Krissi, Harry, dan Jane) berpose di depan rumah di pedesaan, dan beberapa foto lain.

Baca Juga:  Teenage Mutant Ninja Turtles

Film ini memang tidak membuat penonton kaget karena tampilan visualnya, namun mengagetkan secara audio, dibeberapa bagian film audionya sukses membuat jantung berdegub kencang ^^.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top