Judulnya ngeri banget ya?

Tapi ini kisah nyata lho.. bener-bener kejadian, #aib banget (Hiks)

Jadi ceritanya seperti rutinitas  biasa, gue *ceile… sok anak gaul banget, hehe* sepulang kantor duduk manis di stasiun menanti kedatangan commuter, yang menurut monitor kebedaraannya masih di stasiun Jakarta/Kota menunggu jadwal pemberangkatan.



Sebelum mencicipi menu utama *berada menu makanan* ada baiknya saya ceritain kejadian-kejadian sebelumnya.

Sebelum Kejadian:

Sebenarnya ngak ada yang spesial dari pagi sampai sore hari,
Kecuali tadi pagi nyaris banget telat ngantor karena salah strategi naik commuter.

Lho naik commuteraja pake salah strategi? 
Iya.. jadi begini ceritanya, seharusnya  saya naik commuterkearah Jakarta/Kota, tapi karena penuh sesak, akhirnya tergoda untuk pindah kereta di Jatinegara. Setelah pindah kereta, saya bingung nih commuter kok ngak berangkat-berangkat? lama banget nungguinya. Setelah berangkat pun perjalanannya sering ditahan karena antrian masuk di Stasiun Senen *gondok*. 

Finally sampai juga di kantor  tepat jam 7.30, saya lari sekencangnya (emang bener kenceng gitu?hehe) menuju mesinhandkey terdekat, langsung masukin ID dan setor jari, begitu si mesin berkata “Thank You” dan jam di mesin masih menunjukkan pukul 7.30, penuh rasa kemenangan dan senyum bahagia saya langsung berkata “Yes!! masih dapat absen!!”  Hoho. Telat beberapa detik saja pasti ngak dapat absen *seperti yang antri dibelakang saya..hehe*. Bahagia diatas penderitaan orang lain. #Tak Patut

Kegiatan di pagi, siang sampai sebelum pulang kantor juga dilewati seperti biasa, kerja diselingi internetan diwaktu senggang, istirahat, sholat… itu aja.

Saat Kejadian:

Nah, nyambung lagi ke awal cerita, kejadian di sore hari.

Sepuluh menit berlalu commuteryang dinanti pun tiba, kondisinya lengang penumpang, bahkan saya mendapatkan bangku kosong di tempat duduk prioritas. Awalnya saya senang banget bisa duduk, karena duduk di kereta ibarat bonus yang sulit didapatkan. Walaupun artinya dengan duduk di bangku prioritas sewaktu-waktu saya harus legowo berdiri apabila ada penumpang yang lebih berhak (ibu hamil, ibu membawa balita, manula, dan penyandang cacat).

Belum berselang satu menit, seorang ibu lebih tepatnya nenek yang duduk tepat disebelah kiri saya berteriak-teriak sambil memandangi wajah saya.

“Dompet saya mana? Mana dompet saya?” katanya dengan suara lantang.

Saya bingung donk, baru saja duduk kok tiba-tiba nih nenek nanyain dompet (Emang gue ada tampang pencopet apa? Secara baju rapi, wajah masih imut-imut *ngarep* ).  

Saya jawab sambil lalu “Ngak tau bu”. Eh, tuh nenek makin sewot dan makin lantang berteriak

“Mana dompet saya? Mana?”  Katanya lagi dengan echo yang diperbesar.

Saya melongo. Ini serius ya? Beneran saya jadi tertuduh? Serius ngirain saya nyolong dompet? Masih bengong dan ngak percaya. Seumur-umur baru kali ini! kalau disangkain pekerja kantoran sudah biasa, kalau disangkain anak kuliahan kadang biasa, kalau disangkain anak sekolahan luar biasa, kalau diajakin kenalan dan disangkain masih gadis luar-luar biasa (*semua memang sudah pernah dialami*). Tapi ini, disangkain sebagai pencopet? super duper luar biasa dan diluar pikiran!!! hiks mana kaca mana kaca, tiba-tiba pengen lihat wajah saat itu juga. 

Sepertinya nih nenek serius menganggap saya yang mengambil dompetnya, dari cara bertanya, volume suaranya, dan cara dia memandang dengan tatapan penuh kecurigaan. 

Tersulut emosi saya ditanyai seperti itu didepan orang banyak. Napas ini memburu, suhu bahan berangsur naik, pipi memanas terasa terbakar dan memerah.  Tanpa pikir panjang saya balas berteriak,

“Siapa yang ngambil dompet lo?! orang baru aja duduk!” Kata saya sambil memandang tajam kearah si nenek.
 
Si nenek ngak terima, dia minta saya berdiri, ya saya berdiri aja, biar puas tuh nenek, kemudian dengan pandangan ngak percaya dia mencari-cari dompetnya.
Saya pikir sudah selesai perkara dengan si nenek, saya duduk kembali. Ternyata si nenek masih belum puas sodara-sodara, dia teriak lagi!!!

“Tadi ada disini, kok bisa tiba-tiba hilang, ini pasti ada yang ngambil, dasar ngak bener!!!” begitu katanya sambil memandang saya.

Kalau dia seumuran, sudah saya ganyang! Tapi mengingat nenek-nenek jadi mikir dua kali. Tapi kuping ini panas banget dengerin omongannya, wajah saya semakin memanas, untung sebelum naik commuter tadi seperti biasa saya selalu memakai masker. 

“Gue ngak tau dompet lo dimana!!” jawab saya lagi dengan nada yang tak kalah tinggi.

Tiba-tiba, saya merasa tangan kanan saya disentuh seseorang, ternyata mbak-mbak yang duduk di sebelah kanan, sambil berbisik dia berkata:

“Itu orang gila, jangan lo ladenin”

Olala, ternyata orgil toh! Pantes aja! Saya duduk kembali, lalu mengeluarkan HP dan earphone, mencari kesibukan sambil menghilangkan perasaan kesal yang masih menyelimuti hati. Tapi si nenek ini belum puas juga, beberapa kali meminta saya berdiri untuk memeriksa apakah dompetnya disembunyikan dibangku, mungkin lebih dari 3x, namanya juga orang ngak waras, saya  turuti aja. Kalau waras pengen di pites aja kayak kutu.

Karena mendengar huru-hara akibat tuduhan si nenek kepada saya, beberapa penumpang pun mulai memandang curiga kepada saya, terserah deh mau berpikiran apa, saya ini korban, tatapan mereka seakan menghakimi  dan menuduh. 

Sampai akhirnya ada segerombolan ibu-ibu yang berkata

“Itu bu dompetnya ada di bawah kaki ibu” kata mereka sambil menunjuk tepat kebawah kaki tuh nenek.

Nah lo…   Ketemu kan dompetnya, jatuh karena keteledoran dia sendiri, dan saya yang dijadikan tertuduh. Wajah ini masih panas.
Itu nenek tanpa rasa bersalah langsung SKSD ngajakin ngobrol sambil bilang ”Terima kasih”. Nih nenek beneran ngak waras ya, seenaknya aja udah teriak-teriak nuduh gue, masa bilang terima kasih. Seharusnya saya mendengar kata minta maaf!!

Saya cuekin aja tuh nenek. Ternyata dia memang stress, ngomong sendiri marah sendiri, setiap orang yang berada didepannya diajakin ngobrol ngarang ngidul ngak jelas arah dan tujuannya.
Dan ternyata nih nenek masih penasaran banget dengan saya. Dia terus memandangi dan ngajakin ngobrol, saya ngak mau ngeliat wajahnya dan pura-pura ngak denger. Walaupun dia bertanya, walaupun dia nyolek-nyolek saya. Bodo’ amat!

Bahkan nih nenek ngasiin HP nya ke tangan saya, ngak ngerti buat apa.Ternyata dia nanyain bagaimana cara membuka sms, tapi saya balikin tuh HP dan bilang “Maaf saya ngak tahu”. Lama-lama gerah juga dekat-dekat dengan orang ngak waras, akhirnya saya memutuskan berdiri. Lebih baik kaki lelah berdiri daripada hati lelah karena amarah.

Saya pikir, karena sudah menjaga jarak dengan si nenek maka ceritanya akan tuntas, ternyata TIDAK, rasa penasaran si nenek  teramat tinggi, saat hendak turun dia menghampiri dan tiba-tiba memegang siku saya. Ya jelas saya kaget dan saya pelototin tuh nenek. Dia Cuma senyum-senyum gitu, terus turun dari kereta.
Ih… saya ngeri banget.

Baca juga: Naik Commuter Line Itu Penuh Misteri

Setelah Kejadian:

Hmmm…
Pengalaman yang sangat tidak mengenakan, jika boleh memilih saya tidak ingin mengalaminya lagi. Amin….
Kebayang ngak kalau dompet si nenek ngak ketemu, dan ngak ada yang menyaksikan bahwa saya baru saja duduk satu menit yang lalu sebelum tuduhan itu dilontarkan kepada saya. Alangkah sakitnya melihat pandangan penumpang lain yang seakan memandang curiga , padahal saya benar-benar  tidak bersalah. Sempat terpikir tadi ketika turun dari kereta, bagaimana jika masalah ini sampai ke tangan Petugas keamanan kereta, walaupun saya tidak bersalah tetap saja saya dan si nenek akan diamankan dan di interogasi, yang artinya semakin panjang juga derita yang dialami.

Terima kasih ya Allah SWT, engkau telah melindungi hambamu ini, walaupun saat kejadian tadi hamba tidak bisa menahan emosi, tapi hamba yakin dibalik cobaan mu terdapat pertolonganmu.
Buat teman-teman pengguna commuter semoga tidak mengalami hal serupa seperti yang saya alami.  Mungkin memang lebih baik memperbanyak membaca doa di atas kereta dibandingkan memutar musik.
Sesampainya dirumah saya menelpon suami dan menceritakan pengalaman saat dikereta, dia malah tertawa dan bilang,

“Tampangmu kali yang atau penampilanmu mungkin” katanya sambil tertawa.

Wah, makin panas nih hati, hiks hiks, saya langsung menuju kaca melihat pantulan diri di depan cermin, melihat apa yang salah dengan tampilan hari ini? tapi saya ngak bisa menemukan dimana letak salahnya.
“Maksud lo? Tampang istrimu kayak maling gitu?” ingin bertanya begitu, tapi ngak jadi deh, disimpen dulu mpe ketemu orangnya langsung, biar bisa tanya sambil jitak *pake gaya mamanya Sinchan*.

Terus suami bilang lagi,

“Kamu baik banget masih mau jawab pertanyaan tuh nenek dan bilang maaf” kata suami dengan rasa tidak percaya mungkin lebih tepatnya, istriku g*bl*k banget sih, udah dituduh gitu masih aja bisa pake kata “maaf”.

Dengan polos saya menjawab,

“Kan orang tua yang” #hedeh jawabannya ngak berbobot ya. Saya bisa membayangkan suami menggeleng-gelengkan kepala kebingungan, hehe.

Ya sekian curhatan hati ini, baru kali ini bisa bikin postingan yang sangat panjang...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top